Mau Jadi Caleg PKS ? Catet ya, ini Syaratnya!!

oleh

Jambi (27/10) — Sejak mantan Bupati Tanjabbar Usman Ermulan dan mantan cabup Muaro Jambi Ivan Wirata mantap merapat ke PKS, banyak pihak yang mempertanyakan, bagaimana sebetulnya mekanisme pencalegan di PKS. Apa sih syaratnya jika pengen jadi Caleg PKS?

Ditemui di gedung da’wah DPW PKS Jambi jln.Kol.Amir Hamzah RT.28 No.24 Kelurahan Selamat Kecamatan Telanaipura Kota Jambi, Ketua DPW PKS Propinsi Jambi, H. Rudi Wijaya, SSi tersenyum ramah menanggapi isu pencalegan tersebut.

“Yang pertama, tentu kami berterima kasih dan memberi penghargaan setinggi-tingginya buat tokoh-tokoh masyarakat Jambi yang sudah merasa nyaman berada di sini bersama teman-teman di PKS, walaupun sebelumnya mungkin pernah berada di partai lain, ” kata Rudi membuka wawancara ini.

“Yang kedua, mengenai persyaratan untuk menjadi caleg, ya tentu kita semua harus mengacu pada Pasal 240 UU No.7 tahun 2017 tentang penyelenggaraan Pemilu. Di sana disebutkan bahwa bakal calon anggota legislatif, misalnya: minimal berusia 21 tahun, minimal tamat SLTA sederajat, bebas narkoba, serta harus menandatangani beberapa surat pernyataan bermaterai yang disahkan oleh instansi terkait,” papar Rudi.

“Adapun sesuai mekanisme yang berlaku di PKS, syarat utamanya adalah bersedia menjadi anggota partai kami sesuai AD/ART (Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga) PKS,” sambung Rudi sambil membaca catatannya.

“Secara normatif tentu saja tidak semua orang bisa jadi caleg ya. Khusus PKS kita minta semua caleg harus meluruskan niat, tidak menghalalkan segala cara. Dia juga harus dikenal luas oleh masyarakat, memiliki akhlaq yang baik, punya basis dukungan massa, memiliki visi-misi yang sama dengan PKS,” lanjut Rudi.

“Kami juga memberi pemahaman bahwa karena PKS ini partai da’wah maka tujuan jadi caleg itu bukan cuma ingin menang di dunia saja tetapi harus menang juga dalam urusan akhirat,” pungkas Rudi menutup wawancara ini.

Hmm, sudah tahu kan, syarat jadi Caleg PKS? Masih mau daftar??

2 thoughts on “Mau Jadi Caleg PKS ? Catet ya, ini Syaratnya!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.