Mengintip Kesibukan Dapur Umum untuk Korban Banjir di Rumah Aleg PKS Jambi

oleh

Ada yang berbeda sejak kamis kemarin (31/12) di rumah ibu Antiyosefa, Anggota Legislatif (Aleg) PKS DPRD Kota Jambi. Tampak beberapa ibu ramai-ramai membersihkan sayur mayur dan bahan makanan lainnya untuk persiapan memasak. Ya,rumah politisi senior PKS Jambi ini berubah fungsi menjadi dapur umum sejak peristiwa banjir akhir tahun 2020 yang lalu. Sudah tiga hari, dapur umum ini menghasilkan ratusan bungkus nasi lengkap siap saji untuk dikirim ke lokasi-lokasi korban banjir di seputaran Kota Jambi.

Secara bergotong royong, aktifitas memasak bersama ini dilakoni ibu-ibu itu dengan riang dan penuh semangat. “Kami bersyukur, alhamdulillaah di daerah sini tidak ada banjir. Jadi sebagai wujud kesetiakawanan dengan saudara-saudara kita yang menjadi korban banjir, inilah sedikit yang bisa kami lakukan, bantu masak di rumah bu Efa,” kata ayuk Wati, salah seorang warga yang ikut memasak.

Anti mengaku membeli logistik untuk keperluan memasak ini langsung ke pasar Angso Duo dalam jumlah besar. “Namun ada juga buah dan sayur yang dipasok dari kelompok tani binaan saya,” lanjut perempuan yang biasa dipanggil Ustadzah Efa ini.

Pembina aktif di sejumlah majelis ta’lim ini tampak ramah mengobrol dengan sekumpulan ibu-ibu yang memasak seharian di rumahnya, di perumahan Yeyes Lestari kelurahan Rawasari. “Anggap rumah sendiri ya bu, jangan sungkan,” sapa ibu empat anak ini.

Dapur umum ini menyediakan ratusan paket nasi untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. “Kalau bisa korban banjir jangan sampai hanya makan mie instan untuk mengganjal perut mereka. Kasihan!! Usahakan mereka tetap bisa makan nasi lengkap seperti biasa, supaya tetap kuat, terjaga daya imunnya, dan tidak berlarut-larut dalam kesedihan,” pungkas Sekretaris Fraksi PKS DPRD Kota Jambi ini.

Antiyosefa juga membagikan sendiri hasil masakan dari dapur umum di rumahnya itu. Dibantu beberapa pengurus DPC PKS Alam Barajo, Anti dan para kader PKS mendistribusikan bantuan makanan ke sejumlah RT yang terdampak banjir. Di antaranya: ke perumahan Kembar Lestari RT.45 kelurahan Kenali Besar, RT.12 kelurahan Kenali Besar, RT.01 kelurahan Bagan Pete, perumahan Arwana, dan ke perumahan Bougenville.

Maa syaa Allah. Seperti inilah bukti komitmen PKS untuk terus berkhidmat kepada masyarakat. PKS memang #pelayanrakyat. Semoga PKS istiqomah menebar kebaikan. In syaa Allah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.