PKS Jambi Launching Posko Penanganan Pasca Bencana Kabut Asap

oleh

Gerakan Nasional Tanggap Bencana Asap atau #Genta merambah ke PKS Jambi. Rabu sore ini program #Genta hadir di Jambi dalam bentuk launching Posko Penanganan Pasca Bencana Kabut Asap (post disaster healing) di gedung DPW PKS Jambi. Ketua DPW H.Rudi Wijaya, SSi, Apt bertindak selaku tuan rumah, meresmikan posko kemanusiaan ini.

“Kita hadirkan #Genta sebagai bentuk kesiapsiagaan PKS dalam upaya selalu tanggap terhadap bencana kemanusiaan, walaupun kita sangat tidak menginginkan bencana itu datang,” ungkap Rudi ditemui di lokasi acara. “Walaupun musim hujan sudah mulai datang dan kabut asap sudah berkurang, tapi penanganan pasca bencana ini juga harus diperhatikan.”

“Posko ini adalah salah satu bentuk berkhidmat kepada masyarakat Jambi sesuai amanah AD/ART PKS. Kader-kader PKS adalah bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat, ikut prihatin dengan musibah kabut asap yang sudah berlangsung dua bulan ini. Kami berharap dengan adanya posko ini warga bisa mendapatkan bantuan dengan cepat dan tepat sasaran,” papar Rudi.

Pada kesempatan tersebut Ahmad Nopriansyah ditunjuk sebagai koordinator #Genta wilayah Jambi. Ayah satu anak ini mengatakan, “In syaa Allah kami bersama tim rescue DPW PKS Jambi siap melaksanakan tugas kemanusiaan menolong korban kabut asap di manapun di wilayah Jambi.”

Ahmad menambahkan, “Di posko #Genta ini tersedia tabung oksigen, masker, alat pencuci hidung hingga tim medis yang siaga 24 jam. Posko kami juga punya beberapa kegiatan di antaranya trauma healing bagi balita dan anak-anak, program home schooling selama siswa diliburkan, pemeriksaan kesehatan untuk bumil, busui, warga sakit dan lansia.”

Bencana asap yang terjadi di Jambi kali ini sudah jauh-jauh hari direspon cepat oleh para pengurus, kader, relawan, bahkan aleg-aleg PKS. Mereka turun langsung ke masyarakat baik sendiri-sendiri maupun bersama DPD/DPC memadamkan kebakaran hutan dan lahan, membagikan masker, hingga menyalurkan air bersih di tengah pemukiman warga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.