Woww, Bugar dan Matang ala Mas-Mas Peserta Kembara 2017

oleh

Woww, Bugar dan Matang ala Mas-Mas Peserta Kembara 2017

 

Hmm. Kebayang nggak sih, jika kader-kader senior PKS pada ngumpul dan latihan fisik? Momentum Pemilu 2019 yang sudah tinggal 20 bulan lagi, mendorong Bidang Kepanduan dan Olahraga (BKO) DPW PKS Propinsi Jambi untuk menggelar kegiatan Kemah Bakti Nusantara (Kembara) 2017 di Bumi Perkemahan Sungai Gelam, Muaro Jambi. Kegiatan ini sejenis training for trainer (TFT) untuk pembinanya para pembina di PKS, sehingga yang bisa mendaftar pun hanya para kader ikhwan dengan kualifikasi tertentu sesuai ketetapan panitia.

 

Adi Sudarno, SE selaku Sekbid BKO DPW PKS Jambi menjelaskan, kegiatan ini adalah sejenis “sekolah kepemimpinan” untuk peserta belajar menjadi seorang Muslim yang kuat. Disebut Kemah Bakti Nusantara karena diselenggarakan oleh BKO DPW PKS seluruh Indonesia. Selain untuk mengokohkan soliditas internal, acara ini memanfaatkan hari libur panjang di awal bulan.

 

“Para pembina (murobbi) di PKS diharapkan bisa menjadi contoh untuk seluruh kader, bagaimana menjadi pribadi tangguh yang tak gampang sakit, yang menjalankan pola hidup seimbang dan sehat, serta tetap bugar di tengah berbagai kesibukan. Terutama jika telah memasuki usia matang,” kata Adi sambil tersenyum.

 

Ditemui di tempat terpisah, Ketua DPW PKS Jambi H. Rudi Wijaya, SSi menjelaskan, “Ini sebuah ikhtiar untuk menjaga kekompakan dan kesehatan para pengurus struktural dan kultural di PKS. Kita sering menyebutnya tarbiyah jasadiyah (membina kemampuan fisik). Terkait Pemilu 2019, kesehatan dan fisik kader harus tetap prima karena kesibukan di PKS akan terus meningkat,” kata Anggota DPRD Propinsi ini.

 

Beberapa materi diajarkan di Kembara 2017 yang berlangsung dua hari tersebut (Jumat-Sabtu 1-2/12). Peserta yang rata-rata berusia 35 tahun ke atas itu, tampak semangat mengikuti berbagai latihan yang disiapkan panitia. Selain acara outdoor, peserta juga diberi materi Pola Hidup Sehat oleh Dr.H.Maulana, SKM dan Penanganan Bencana oleh Dr. H. Tedjo Kepala PMI Cabang Jambi.

 

Di lokasi tampak peserta berlatih senam Nusantara, push-up, sit-up, melintasi jembatan jaring, halang rintang, menyeberangi sungai dengan tali, menaklukkan kubangan lumpur, dll yang kesemuanya menguji ketahanan tubuh dan kondisi peserta yang prima. “Alhamdulillah, seluruh peserta, berhasil melewati semua tantangan yang disiapkan para panitia,” kata Adi, pengurus Korsad yang merangkap Ketua Panitia acara.

 

Latihan seperti ini diperlukan karena kader PKS biasa diturunkan ke wilayah-wilayah bencana alam untuk membantu evakuasi korban dan menolong para pengungsi. Wahh mantapp, kayaknya pulang nanti para peserta jadi ikhwan tangguh nih!!! Bener nggak Mas-Mas??

One thought on “Woww, Bugar dan Matang ala Mas-Mas Peserta Kembara 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.